SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 3, No 1 (2019): July-December

ANALISIS POSITIONING E-WALLET BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING

Sofyan Shaury ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK Indonesia adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara di mana pertumbuhan ekonomi semakin membaik. Industri digital di Indonesia terus menunjukkan perkembangannya. Dampak dari kemajuan ini menghadirkan inovasi di bidang pembayaran digital. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan sampel berasal dari individu yang menggunakan salah satu e-wallet dan mengetahui semua e-wallet selain yang digunakan, sebanyak 137 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korespondensi dengan SPSS23. Hasil analisis korespondensi adalah bahwa setiap dompet elektronik memiliki kelebihannya sendiri yang tidak dimiliki dompet elektronik lain. Selain itu Dimensi 1 (d1) aman, dan Dimensi 2 (d2) mudah digunakan. Dalam atribut manfaat OVO lebih unggul dari e-wallet lainnya, atribut keamanan dapat dilihat DOKU lebih unggul dari e-wallet lainnya dan atribut GOPAY kemudahan penggunaan dan e-wallet kedua DANA dianggap oleh konsumen sama dalam hal kelebihan yang dibawanya. GOPAY diketahui bahwa e-wallet memiliki kemudahan menggunakan yang terbaik di antara atribut lainnya dengan pesaing terdekatnya DANA, OVO diketahui bahwa e-wallet memiliki kelebihan di antara atribut lainnya, OVO harus membuat strategi untuk merespons persaingan dengan GOPAY dan LINK AJA. LINK AJA cenderung dianggap oleh konsumen dalam kondisi netral antara keamanan dan kemudahan penggunaan dan DANA diketahui bahwa e-wallet memiliki kemudahan penggunaan. Kata kunci: “Positioning, e-wallet, analisis korespondensi”.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...