Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi
Vol. 11 No. 1 (2019): Shaut al-Maktabah

FILM THE MATRIX DAN PAHAM DALAM MASYARAKAT CYBERSPACE

Selvi Revila (Program Pascasarjana, Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies, Peminatan Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat membentuk tiga paham dalam masyarakat dalam memandang kemajuan teknologi itu. Ketiga paham itu, yakni distopian,teknorealis, neo-futuris, dipetakan oleh Mark Slouka berdasarkan empat objek kritik, yaitu konsep realitas, identitas, komunitas, dan ruang. Mark Slouka sendiri adalah seorang novelis dan esais (penulis esai) berkewarganegaraan Amerika Serikat. Keempat kritik Mark Slouka digunakan untuk membahas film The Matrix yang menggambarkan paham distopian dalam masyarakat masa depan atau masyarakat cyberspace.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

shaut

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Library & Information Science Social Sciences

Description

Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian-penelitian yang termasuk dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi serta bidang serumpun seperti arsip, dokumentasi dan museum ISSN: 2339-1456, e-ISSN: ...