Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi
Vol. 11 No. 2 (2019): Shaut Al-Maktabah

Analisis peningkatan mutu layanan perpustakaan pada minat baca pemustaka

Nafisa Asma Nurul Aulia (IAIN TULUNGAGUNG)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

ABSTRACTThe writing of this journal aims to explain the effect of improving the quality of library services on the reading interest of users. As for the background of this writing is because good library services will increase the interest of reading readers in the library. This can happen because a quality library service will provide satisfaction to the library users so that visitors like to visit the library. In addition, quality library services can motivate users to always read. Library service is a service that is provided by the library to the library user so that the library user increases reading interest. Therefore, improving library services can be used as a way to increase interest in reading readers. Library services are used to access library-related matters. Library services can also increase literacy rates. In addition, the library must always innovate so as not to lag behind the increasingly rapid technology. Librarians must be creative and try to increase their strengths. So that visitors have an interest in visiting the library. Therefore, librarians must try to provide the best service so that users feel comfortable. Then, visitors will feel motivated to continue to come and read books. Good librarian services will make the library more crowded. Key words: improving, interest in reading, users, library services. ABSTRAKPenulisan jurnal ini bertujuan untuk memaparkan tentang pengaruh peningkatan mutu layanan perpustakaan pada minat baca pemustaka. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini adalah karena layanan perpustakaan yang baik akan meningkatkan minat baca pemustaka di perpustakaan. Hal ini dapat terjadi karena layanan perpustakaan yang berkualitas akan memberikan kepuasan kepada pemustaka sehingga pemustaka senang berkunjung ke perpustakaan. Selain itu, layanan perpustakaan yang berkualitas dapat memotivasi pemustaka untuk selalu membaca. Layanan perpustakaan adalah suatu layanan yang diberikan perpustakaan kepada pemustaka agar pemustaka meningkat minat bacanya. Oleh karena itu, meningkatkan layanan perpustakaan dapat dijadikan salah satu carauntuk meningkatkan minat baca pemustaka. Layanan perpustakaan digunakan untuk mengakses hal-hal yang berkaitan dengan perpustakaan. Layanan perpustakaan juga dapat meningkatkan angka melek huruf. Selain itu, perpustakaan harus selalu berinovasi agar tidak tertinggal dengan terknologi yang semakin pesat. Pustakawan harus kreatif dan berusaha meningkatkan kelebihan yang ada pada dirinya. Sehingga pemustaka memiliki ketertarikan untuk berkunjung ke perpustakaan. Maka dari itu, pustakawan harus berusaha memberikan layanan yang terbaik agar pemustaka merasa nyaman. Kemudian, pemustaka akan merasa termotivasi untuk terus dating dan membaca buku. Pelayanan pustakawan yang baik akan membuat perpustakaan semakin ramai dikunjungi.Kata kuci: meningkatkan, minat baca, pemustaka, layanan perpustakaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

shaut

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Library & Information Science Social Sciences

Description

Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian-penelitian yang termasuk dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi serta bidang serumpun seperti arsip, dokumentasi dan museum ISSN: 2339-1456, e-ISSN: ...