Responsive: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik
Vol 1, No 3 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio

SITUASI BAHASA SEBAGAI ALAT UNTUK PERENCANAAN BAHASA NASIONAL

Muhammad Ridlo (Program Pasca Sarjana Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran)
Rosaria Mita Amalia (Program Pasca Sarjana Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran)
Mudiyati Rahmatunnisa (Program Pasca Sarjana Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2019

Abstract

Analisis situasi bahasa merupakan proses untuk menentukan perencanaan bahasa di sebuah negara. Selain dengan menggunakan hasil analisis situasi bahasa di dalam negeri, hasil analisis situasi bahasa di luar negeri pun dapat dimanfaatkan sebagai informasi tambahan dan juga referensi dalam perencanaan bahasa. Makalah ini akan menggambarkan bagaimana situasi bahasa di berbagai negara dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai situasi bahasa yang berlaku di negara maju dan berkembang. Pendeskripsian situasi bahasa di berbagai negara pun dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam perencanaan bahasa sehingga hasil yang dapat diperoleh dari makalah ini yakni diharapkan dapat bermanfaat dalam perencanaan bahasa di Indonesia sehingga kebijakan mengenai bahasa Indonesia dapat ditingkatkann dan sesuai dengan situasi bahasa yang terjadi saat ini.

Copyrights © 2019