JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 2 No. 3 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

9 Meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris melalui model pembelajaran Kooperatif dengan teknik Numbered Head Together pada siswa SMKN 1 Woja Tahun Pembelajaran 2018/2019: Syarifuddin

JIIP, Redaksi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. hasil penelitian diperoleh beberapa informasi terkait dengan peningkatan hasil belajar siswa antara lain: a). Data aktivitas guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I pertemuan I aktivitas guru memperoleh skor 13 (54,16%), pada siklus I pertemuan II sebesar 15 (62,50%), pada siklus II pertemuan I sebesar 20 (83,33%). Dan pada siklus II pertemuan II dengan skor 22 (91,66%). Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan I siklus I memperoleh skor 12 (50,00%), pada pertemuan II siklus II sebesar 14 (58,33%), pada pertemuan I siklus II sebesar 19 (79,17%). Dan pada pertemuan II siklus II sebesar 23 (95,83%). b). Ketuntasan individu dan klasikan klasikal siswa mengalami peningkatan. Pada skor dasar jumlah siswa yang mencapai KKM atau tuntas adalah 9 siswa (40,90%), pada UH I mengalami peningkatan dengan jumlah 17 siswa (77,27%) dan pada UH II mengalami peningkatan dengan jumlah 20 siswa (90,90%). Pada skor dasar hasil belajar siswa memperoleh nilai 51,25 dengan kategori rendah, pada UH I mengalami peningkatan hasil belajar dengan perolehan nilai sebesar 65,76 dengan kategori sedang, dan pada UH II hasil belajar siswa kembali meningkat dengan perolehan nilai sebesar 79,25 dengan kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif dengan teknik numbered head together (NHT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa Kelas X-TKJ SMKN 1 Woja pada materi Communication Practice Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...