JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN
Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan

EFEKTIVITAS PENGAJARAN GURU DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DAN INTEGRITAS

Yocky Firdaus (Program Pascasarjana Universitas Pakuan)
Sumardi Sumardi (Universitas Pakuan)
Yossa Istiadi (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Efektivitas pengajaran guru merupakan kunci kemajuan pendidikan. Penelitian bertujuan untuk menentukan hubungan adversity quotient dan integritas dengan efektifitas pengajaran. Penelitian dilaksanakan di SMP Swasta Kota Sukabumi pada tahun 2018. Populasi penelitian berjumlah 223 orang dengan jumlah sampel sebanyak 144 orang yang ditentukan secara proportional random sampling. Pengumpulan dara untuk setiap variabel yang diteliti menggunakan angket dengan skala (Rating Scale). Teknik analisis menggunakan korelasi regrei parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara adversity quotient dengan efektifitas pengajaran (ry1 = 0,616), terdapat hubungan antara integritas dengan efektifitas pengajaran (ry2 = 0,638) dan terdapat hubungan antara adversity quotient, integritas dengan efektifitas pengajaran (ry12 = 0,477). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektifitas pengajaran dapat ditingkatkan melalui adversity quotient dan integritas baik secara parsial maupun secara bersama-sama.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research articles results and conceptual studies in field of educational management and educational administration. Jurnal Manajemen Pendidikan publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of educational ...