Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran resiprokal terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMA Pasundan 2 Cianjur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “randomized pre test-post test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMA Pasundan 2 Cianjur berjumlah 32 siswa. Teknik penyempelan dari populasi ke sampel menggunkan teknik random sampling sehingga sampel yang digunakan berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah ketepatan passing atas dari Nurhasan (2001:169). Analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri atas mencari rata-rata kelompok dan simpangan baku selanjutnya uji normalitas semua data yang berdistribusi normal dan uji homogenitas semua data yang bervariansi homogen dan uji t dengan signifikansi 0,05 (5%). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA Pasundan 2 Cianjur, dengan t hitung 81,29 > t tabel 2.05. (2) Model pembelajaran resiprokal memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMA Pasundan 2 Cianjur, dengan t hitung 89,16 > t tabel 2.05. (3) Model pembelajaran resiprokal lebih memberikan pengaruh secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMA Pasundan 2 Cianjur, dengan t hitung 4,450 > t tabel 2.05 dengan taraf signifikan α 0.05. Teruji kebenarannya dalam penelitian ini.
Copyrights © 2018