Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Tugas-tugas perkembangan menjadi jalan untuk pemberian menstimulasi dan memberikan kegiatan atau aktivitas yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak yang berguna bagi masa depannya dalam mencegah anak kesulitan berkomunikasi,. Kecerdasan logika matematika pada anak diharapkan terstimulasi dengan baik dengan harapan anak memiliki mental dan pemikiran cerdas, kreatif, dinamis, inovatif, mandiri, kritis, komunikatif, disiplin dan bertanggung jawab. mampu untuk menyelesaikan masalah, berpikir secara logis, serta terampil dalam mengolah angka. keberhasilan dalam menstimulasi kecerdasan logika matematika tergantung pada alat permainan edukatif yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat permainan edukatif busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan sampel penelitian yaitu kelompok B di TK Labschool UPI Bandung. Hasil penelitian diperoleh signifikansi sebesar 0,00 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan profil kecerdasan logika matematika anak usia dini yang signifikan setelah menerapkan treatment pada kelompok eksperimen. Dengan demikian terdapat efektivitas dalam penggunaan alat permainan edukatif busy book. Analisis yang digunakan untuk memperkuat penelitian ini menggunakan grafik, tabel dan hasil uji statisika. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat inovasi dan alat permainan edukatif yang variatif serta memiliki landasan teori yang kuat dalam penelitian.
Copyrights © 2019