Jurnal Rekayasa Mesin
Vol 14, No 1 (2019): Volume 14, Nomor 1, April 2019

Computational Tahanan Kapal Untuk Menentukan Daya Mesin Utama Kapal Ikan 5 GT

Sarwoko Sarwoko (Program Studi D-III Teknik Perkapalan, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro)
Budhi Santoso (Jurusan Teknik Perkapalan, Politeknik Negeri Bengkalis)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Variabel utama dalam menentukan daya mesin utama kapal adalah tahanan kapal yang dihasilkan oleh bentuk lambung kapal. perhitungan tahanan kapal dapat dilakukan dengan menggunakan perhitungan matematis. Penelitian ini bertujuan menentukan tahanan total kapal dan memperkiraan kebutuhan daya mesin kapal ikan 5 GT. Kapal 5 GT di redesain untuk mendapatkan sebuah model dengan menggunakan software naval Architecture. Model yang didapatkan berikutnya dilakukan perhitungan tahanan kapal dan kebutuhan daya kapal dilakukan. Metode perhitungan tahanan kapal menggunakan metode holtrop. Hasil analisa tahanan kapal dilihat dari beberapa variasi kecepatan untuk melihat bentuk aliran yang dihasilkan. Pada kecepatan dinas maksimal 15 knots menunjukan tahanan total kapal adalah 2.8 kN dan kebutuhan dayanya adalah 35,7 Hp.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

rekayasa

Publisher

Subject

Mechanical Engineering

Description

Rekayasa Mesin(d/h MANDEGANI) diterbitkan sejak 1997, dengan frekuensi 3 kali setahun. Misi : media komunikasi bagi dosen, praktisi, dan ilmuwan tentang karya ilmiah (scientific article) hasil-hasil penelitian, survei, studi kasus dan telaah pustaka yang erat hubungannya dengan teknik mesin, ...