Pengajaran kosakata sebagai salah satu aspek da~ampengajaran bahasa Indonesia, '!S'e,lama; ini kurang mendapatkanperhatian. Fenomena ini· ·tampak dari kurang~ya buku-bukuyan.g' .' 'membicarakan peng~jaran kosakata termasuk strategipengajarannya. Dalam upaya. mengatasi masalah itu. penulismencoba memperkenalkan teori medan makna dan menguraikankemungkinan penerapannya' dalam pengajaran'. kosakata,- khususnya pada siswa kelas 1 sekolah dasar. ',: ::' :.' ~Pendekatan medan makna memandang ba~asa sebagaisatu keseluruhan yang tertata da-n dipenggal atas bagian yangsaling berhubungan. : " :.~: .. ---. .. Pada dasarnya, ada tiga langkah yang petlu"dipernatikanuntuk menerapkan teori. medan makna pada pengajarankosakata, yaitu (1) mengasosiasikan pokok bahasan qenganbeberapa kata yang menjadi cakupannya atau yang berhubungansecara maknawi melalui berbagaikegiatan ataupermainan yang mengasyikan, (2) menganalisis makna darikata-kata itu untuk mencermati perbedaannya, (3) menggun"akankata-kata itu dalam kegiatan berkomunikasi.Selanjutnya, secara teoretis dapat disimpulkan pahwadengan menerapkan teori medan makna akan dapat diperolehbanyak keuntungan, misalnya (1) memperluas wawasan' siswaten·tang ruan'g' lingkup suatu kata, (2) meningkatkan pemahamanterhadap makna suatu .·kata, (3) meningkatkan kecermatandalam -pemilihan suatu kata, (4) meningkatkan kemampuanpengasosiasian suatu kata, (5) meningkatkan daya kritisdan penalaran, (6) menjadikan pengajaran kosakata lebihkomunikatif dan bermakna.
Copyrights © 1992