Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol. 1, No. 2 (2017)

SELF-EVALUATION ON THE LEARNING STRATEGIES OF THE GRADUATE STUDENTS OF INDONESIAN LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM

Kastam Syamsi (Universitas Negeri Yogyakarta)
Teguh Setiawan (FBS UNY)
Maman Suryaman (FBS UNY)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2017

Abstract

EVALUASI DIRI STRATEGI BELAJAR MAHASISWAPROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIAAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi diri strategi belajar mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui instrumen angket evaluasi diri dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, sebelum perkuliahan, sebagian besar mahasiswa memperhatikan silabus, mencari referensi, dan melaksanakan tugas. Tetapi, sebagian besar mahasiswa jarang membaca referensi dan menyiapkan pertanyaan. Kedua, selama perkuliahan, semua mahasiswa memperhatikan, mendiskusikan, dan melaksanakan tugas perkuliahan. Tetapi, sebagian besar mahasiswa jarang mencatat dan mengajukan pertanyaan. Ketiga, setelah perkuliahan semua mahasiswa mengerjakan tugas. Tetapi, sebagian besar mahasiswa jarang mendiskusikan perkuliahan, membaca berbagai referensi dan mencari artikel jurnal internasional. Sehubungan dengan itu, untuk memperoleh hasil belajar yang baik, pengelola Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta perlu memiliki manajemen yang baik dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat, yakni strategi pemutakhiran metode pembelajaran sesuai kebutuhan pasar dan perkembangan jaman.Kata kunci: evaluasi diri, strategi belajar, perkuliahanAbstractThis study was aimed at describing the results of students’ self-evaluationon their learning strategies. The subjects of the studywere all graduatestudents of the Indonesian Language Education Program at Yogyakarta State University. The data were collected using a questionnaire of self-evaluation using the Likert scale. The data were analyzed through quantitative descriptive techniques. The results show the following. First, before class, most students focus only on the syllabus, search references, and perform tasks. However, most students rarely read references and prepare questions. Secondly, during class, all students pay attention, do discussions, and carry out lecture duties. However, most students rarely take notes and ask questions. Third, after class, all students do the assignments. However, most students rarely discuss lectures, read references and search for international journal articles. In order to obtain a good learning result, the personnel of the Indonesian Education Study Program need to apply good management and implement the right learning strategies in updating the learning method according to market needs and the development of the era.Keywords: self-evaluation, learning strategy, lecture activity

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of ...