Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol. 42, No.1 (2012)

PENGEMBANGAN MODEL PANDUAN PENDIDIK PENGAJARAN SASTRA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Maman Suryaman (FBS UNY)
Wiyatmi Wiyatmi (FBS UNY)
Hartono Hartono (FBS UNY)
Anwar Efendi (FBS UNY)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model panduan pendidik pengajaran sastra berbasis pendidikan karakter. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 10 guru bahasa Indonesia, 150 siswa kelas 2 dari 10 sekolah, serta empat ketua MGMP kabupaten/kota dan satu ketua MGMP provinsi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah human instrument, wawancara, observasi, angket, dan format penelaahan. Analisis data dilakukan melalui teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persoalan yang dihadapi oleh para guru adalah kurangnya sumber-sumber pengayaan untuk mengembangkan pembelajaran sastra, baik dalam bentuk perangkat pembelajaran maupun praktinya di kelas, yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter. Oleh karena itu, diperlukan buku panduan pengajaran sastra berbasis pendidikan karakter

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of ...