JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 15, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Khusus

PENINGKATAN KEMAMPUAN PRA MEMBACA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS SENSOMOTORIK PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS III SLB YAPENAS

safrina rovasita (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2019

Abstract

Kemampuan  membedakan  warna, bentuk, dan tekstur merupakan  bagian dari  kemampuan pra membaca yang harus  dimiliki seseorang untuk membaca. Pada Cerebral Palsy yang seringkali disertai  gangguan sensorik, kesulitan memperoleh  kemampuan ini.  Dengan  demikian,  diperlukan  latihan-latihan  guna  meningkatkan  Kemampuan  pra membaca.Latihan  tersebut  menyatukan  antara  pembelajaran  akademik dan latihan  sensomotorik.  Melalui  penelitian  tindakan  kelas  pada  siswa  Cerebral  Palsy kelas  III  SLB  Yapenas, dapat meningkatkan kemampuan  pra membaca siswa.  Yaitu dengan dilakukan pembelajaran berbasis  sensomotorik selama  enam siklus,  dengan  satu siklus  enam bulan, maka  siswa  Cerebral  Palsy  kelas  III SLB Yapenas  mambu  membedakan warna, bentuk, dan kasar halus bahkan mampu  mengenal huruf.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...