Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 13, No 2 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

POLITIK PENDIDIKAN INDONESIA DALAM MEMBENTUK GOOD CITIZENS PADA ERA REFORMASI

Dwi Wijayanti, Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan memahami PKn sebagai instrumen politik pendidikan dalam membentuk good citizens; (2) mengidentifikasi dan menganalisis muatan aspek  civic knowledge, civic skill, dan civic disposition pada buku teks PKn era Reformasi. Jenis Penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Yogyakarta, Solo dan Jakarta. Subjek penelitian adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) yaitu: (1) Pendidikan Kewarganegaaraan untuk SMP Kelas VII karya A.T Sugeng Priyanto,dkk; (2) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII karya Lukman Surya Saputra dan Wahyu Nugroho. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara  dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup unitization, sampling, recording, data reduction, analysis, dan inference. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku PKn Kurikulum KTSP 2006 arah politik pendidikan adalah membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter, sadar akan hak dan kewajiban, serta mampu berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Aspek pengetahuan (civic knowledge) dan keterampilan (civic skill) lebih dominan, sedangkan watak kewarganegaraan (civic disposition) kurang dikembangkan. Dalam Buku PKn Kurikulum 2013 arah politik pendidikan yaitu untuk mempersiapkan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Aspek civic disposition lebih dominan terdiri dari sikap spiritual dan sosial, sedangkan aspek pengetahuan (civic knowledge) serta keterampilan (civic skill) kurang mengembangkan.Kata kunci: Politik Pendidikan, Buku teks PKn, Civic knowledge, Civic skill, Civic disposition, Good citizens.

Copyrights © 2016