Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 5, No 1 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

PENGGUNAAN TES ESSAY DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN

Siswanto Siswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2014

Abstract

PENGGUNAAN TES ESSAY DALAM EVALUASI PEMBELAJARANDalam proses pembelajaran evaluasi memegang peranan yang sangat pentingng untuk dapat mengetahui keberhasilan pembelajaran. Dengan adanya evaluasi yang mengambarkan hasil yang sebenarnya yang telah dicapai sangat menentukan baik buruknya pembelajaran. Bentuk instrumen yang digunakan dalam evalusi sangat beragam, salah satunya adalah tes yang digunakan bentuk uraian (essay) yang sangat membantu siswa untuk dapat memaksimalkan segala pengetauan yang dimiliki dalam tulisan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Dibanding dengan bentuk lain (pilihan ganda, benar salah dll) bentuk ini sangat fleksibel. Selain pertimbangan diatas penggunaan tes essay harus mempertimbangkan berbagai hal antaralain : (1) Pertanyaan/soal yang mengarah pada siswa untuk memperlihatkan segenap penguasaannya terhadap pengetahuan yang diperlukan, (2) Pertanyaan yang sudah tentu, yang para ahli pasti akan setuju bahwa jawaban seseorang lebih baik dari yang lain, (3) Pertanyaan yang lebih spesifik, yang bisa dijawab lebih singkat, (4) Hindari pemberian pertanyaan pilihan kepada siswa, kecuali dalam keadaan khusus, yang membuat adanya soal pilihan seperti itu dirasa perlu, (5) Ujilah pertanyaan yang dibuat, dengan menuliskan jawaban yang ideal untuknya, (6) Tulislah perintah/ soalnya sekomplit dan sespesifik mungkin, tanpa mengganggu tujuan pengukuran hasil pencapaiannya. Setelah mempertimbangkan penulisan bentuk tes maka yang perlu diperhatikan adalan penilaian dalam tes Essay, hal-hal yang perlu diperhatikan : (1) Penggunaan beberapa analisis skor atau skala kualitas yang menyeluruh.(2) Urutan angka dari jawaban pertanyaan dengan pertanyaan dari siswa oleh siswa.(3) Jika memungkinkan, menyembunyikan dari penilai identitas siswa ketika jawaban dinilai. (4) Jika memungkinkan, menyusun tidak tergantung urutan penilaian jawaban, atau paling sedikit sampel mereka. Kata Kunci : Pembelajaran, Evaluasi, Tes Essay

Copyrights © 2006