DIKSI
Vol 24, No 1: DIKSI MARET 2016

KEEFEKTIFAN CLT, TBLT DAN CLA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Musliadi, Musliadi (Unknown)
Widyastuti, Purbani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang yang lebih efektif antara:(1) Communicative Language Teaching (CLT) dan Cooperative Learning Approach(CLA),(2) Task-Based Language Teaching(TBLT) dan Cooperative Learning Approach, dan (3)Communicative Language Teaching dan Task-Based Language Teaching dan (4) yang palingefektif antara Communicative Language Teaching, Task-Based Language Teaching danCooperative Learning Approach dalam pembelajaran keterampilan berbicara mahasiswaUniversitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengannonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswasemester 5 Universitas Cokroaminoto Palopo, tahun ajaran 2013/2014. Sample dipilihmenggunakan teknik simplecluster random sampling. Data dianalisis menggunakan onewayANOVA dan dilanjutkan dengan UjiScheffe. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1)Communicative Language Teaching lebih efektif daripada Cooperative Learning Approachdalam pembelajaran keterampilan berbicara, dengan nilai mean difference = 10.08920, (2)Task-Based Language Teaching lebih efektif daripada Cooperative Learning Approachdalam pembelajaran keterampilan berbicara, dengan nilai mean difference = 19.42360,dan (3) Task-Based Language Teaching lebih efektif daripada Communicative LanguageTeaching dalam pembelajaran keterampilan berbicara, dengan nilai mean difference =9.33440 dan (4) Task-Based Language Teaching paling efektif diantara ketiga pendekatanyang diteliti.Kata Kunci: Communicative Language Teaching, Task-Based Language Teaching,Cooperative Learning Approach

Copyrights © 2016