Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum berbasis KKNI pada mata kuliah sakubun jokyu di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha yang meliputi persiapan, penerapan, penilaian dan evaluasi pada capaian pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah dosen mata kuliah sakubun jokyu di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) perencanaan pembelajaran sakubun jokyu telah memenuhi standar perencanaan yang diatur oleh Universitas Pendidikan Ganesha, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan strategi ekspositori, ceramah, latihan dan penugasan, (3) penilaian dengan menekankan proses keaktifan pada perkuliahan, tugas dan UAS, (4) evaluasi dilakukan dengan review diawal maupun diakhir pembelajaran.Kata Kunci : KKNI, Implementasi, Mata Kuliah Sakubun Jokyu. æœ¬ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ ガãƒã‚·ãƒ£æ•™è‚²å¤§å¦æ—¥æœ¬èªžæ•™è‚²å¦ç§‘ã®ä½œæ–‡ä¸Šç´šã‚¯ãƒ©ã‚¹ã«ãŠã„ã¦ã€å¦ç¿’ã®è¨ˆç”»ã€å®Ÿæ–½ã€è©•ä¾¡ã®å«ã‚€ã‚¤ãƒ³ãƒ‰ãƒã‚·ã‚¢å›½å®¶è³‡æ ¼æž 組ã«åŸºã¥ãï¼’ï¼ï¼‘6カリã‚ュラム実施ãŒã©ã®ã‚ˆã†ã«è¡Œã‚れるã‹ã‚’分æžã™ã‚‹ã€‚調査å”力者ã¯ã€ã‚¬ãƒã‚·ãƒ£æ•™è‚²å¤§å¦æ—¥æœ¬èªžæ•™è‚²å¦ç§‘ã®ä½œæ–‡ä¸Šç´šã‚¯ãƒ©ã‚¹ã®æ‹…当教師ã§ã‚る。調査方法ã¯ã€è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューåŠã³æ–‡çŒ®èª¿æŸ»ã§ã‚る。ã“ã®ãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã‚’定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚分æžã—ãŸçµæžœã€ï¼‘)作文上級ã®æŽˆæ¥è¨ˆç”»ã¯ã€€ã‚¬ãƒã‚·ãƒ£æ•™è‚²å¤§å¦ã«ã‚ˆã‚‹ã‚¤ãƒ³ãƒ‰ãƒã‚·ã‚¢å›½å®¶è³‡æ ¼æž 組ã«åŸºã¥ã計画基準を満ãŸã—ã¦ã„る。2)授æ¥å®Ÿæ–½ã¯èª¬æ˜Žæˆ¦ç•¥ã€è¬›ç¾©ã€ç·´ç¿’ã€èª²é¡Œã‚’使用ã—ãŸã€‚3)インドãƒã‚·ã‚¢å›½å®¶è³‡æ ¼æž 組ã®è¨ˆç”»ã¯ã€è¬›ç¾©ã€èª²é¡Œã€åŠã³æœŸæœ«è©¦é¨“ã§ã®æ´»æ°—ã®è©•ä¾¡ã«ä¸å¿ƒã«ãªã‚‹ã€‚ 4)評価ã¯æœ€åˆã¨æœ€å¾Œã®æŽˆæ¥ã®å¾©ç¿’ã§å®Ÿè¡Œã•ã‚ŒãŸã€‚keyword : インドãƒã‚·ã‚¢å›½å®¶è³‡æ ¼æž 組ã€å®Ÿæ–½ã€ä½œæ–‡ä¸Šç´šã‚¯ãƒ©ã‚¹
Copyrights © 2019