Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) implementasi pembelajaran bahasa Jepang dengan strategi pembelajaran kooperatif di kelas XII Bahasa SMA N 1 Abiansemal, (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang dengan menggunakan strategi kooperatif di kelas XII Bahasa SMA N 1 Abiansemal. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru pada mata pelajaran bahasa Jepang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi strategi kooperatif dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas XII bahasa SMA N 1 Abiansemal telah dilaksanakan oleh guru. Dalam pembelajaran bahasa Jepang pembelajaran kooperatif dilakukan pada kegiatan latihan pembuatan kalimat. (2) kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan strategi kooperatif dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah kendala pemilihan sumber ajar, kendala dalam organisasi kelompok, dan kendala dalam evaluasi.Kata Kunci : Kata kunci : Bahasa Jepang, Strategi Kooperatif , Strategi Pembelajaran æœ¬ç ”ç©¶ã¯ã€ï¼ˆï¼‘)アビアンスマル第一高ç‰å¦æ ¡ã®æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã«ãŠã‘ã‚‹ã‚’å”力的å¦ç¿’ストラテジーã§ç ”究ã™ã‚‹äº‹ã§ã‚る。(2)アビアンスマル第一高ç‰å¦æ ¡ã®è¨€èªžã‚¯ãƒ©ã‚¹ã®ä¸‰å¹´ç”Ÿã«ãŠã‘る実施ã—ãŸå…±åŒå¦ç¿’ã®å•é¡Œç‚¹ã§ã‚る。調査対象ã¯æ—¥æœ¬èªžæ•™å¸«ã§ã‚る。データåŽé›†æ–¹æ³•ã¯è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€åŠã³æ–‡ç« 化ã§ã‚る。ãれを定性的ãªè¨˜è¿°æ–¹æ³•ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ãã®çµæžœã€ï¼ˆ1)アビアンスマル第一高ç‰å¦æ ¡ã®è¨€èªžã‚¯ãƒ©ã‚¹ã®ä¸‰å¹´ç”Ÿã«ãŠã‘ã‚‹å…±åŒå¦ç¿’ã¯æ•™å¸«ã«ã‚ˆã‚Šå®Ÿæ–½ã•ã‚ŒãŸã€‚å…±åŒå¦ç¿’ã¯åŸºæœ¬ç·´ç¿’ã«è¡Œã‚ã‚ŒãŸã€‚(2)教師ã«ã‚ˆã‚Šå…±åŒæ–¹æ³•ã«ã‚ˆã‚‹æ—¥æœ¬èªžæŽˆæ¥ã®å•é¡Œã¯æ•™æã®é¸æŠžå¦ç¿’者ã®å›£ä½“ã€åŠã³å¦ç¿’者ã®è©•ä¾¡ã§ã‚る。keyword : ã‚ーワード;日本語ã€å…±åŒæ–¹æ³•ã€æ•™æŽˆæ³•
Copyrights © 2019