ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)
Vol 2, No 2 (2013): ALIBKIN

ANALISIS KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SMA NEGERI SE-KOTA METRO

Suci Martini (Universitas Lampung)
Yusmansyah Yusmansyah (Unknown)
Diah Utaminingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2013

Abstract

The purpose of this research is to know the competence of guidance and counseling teachers. The problem of this research is the lowness of the competence of guidance and counseling teachers. The main problem is how the competence of guidance and counseling teachers. This research used a descriptive method and data were got and collected through The Competence Counselor Scale. The population of this research is 22 guidance and counseling teachers at state Senior High School in Metro. The result of this research showed that the competence of guidance and counseling teachers were in good qualification. 25% guidance and counseling teachers were in very good qualification, 75% guidance and counseling teachers were in good qualification, 17% non-guidance and counseling teachers were in good qualifications, 17% non-guidance and counseling teachers were in good enough qualification, and 66% non-guidance and counseling teachers were in not good gualification.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru bimbingan dan konseling. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kompetensi guru bimbingan dan konseling. Adapun permasalahannya adalah bagaimana kompetensi guru bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan Skala Kompetensi Konselor. Populasi dalam penelitian ini adalah 22 guru bimbingan dan konseling pada SMA Negeri se-Kota Metro. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi guru bimbingan dan konseling berada pada kualifikasi baik. 25% guru bimbingan dan konseling berada pada kualifikasi sangat baik, 75% guru bimbingan dan konseling berada pada kualifikasi baik, 17% guru non bimbingan dan konseling berada pada kualifikasi baik, 17% guru non bimbingan dan konseling berada pada kualifikasi cukup baik, dan 66% guru non bimbingan dan konseling berada pada kualifikasi kurang baik. Kata kunci : bimbingan konseling, guru bimbingan konseling, kompetensi guru bimbingan konseling

Copyrights © 2013