ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)
Vol 4, No 3 (2015): ALIBKIN

PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK

Puspita Mertani (Unknown)
Syarifuddin Latief (Unknown)
Diah Utaminingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2016

Abstract

The aim of this research was to find out the increase of student social interaction to the peers through group counseling services. The problem in this research was the low of student interaction to the peers. The method used in this research was apparent experiment with one-group pretest-posttest design. Data collecting technique used in this research were sociometry and observation and the subject in this research were 8 students. The analysis results by wilcoxon test showed that zcant = -2,536bztabel = 1,645. Ho was rejected and Ha was accepted. It indicated that student social interaction to the peers could be increased through group counseling services.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya melalui layanan konseling kelompok. Masalah dalam penelitian ini adalah interaksi siswa yang rendah dengan teman sebaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu dengan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sosiometri dan observasi. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa zhitung = -2,536bztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti interaksi sosial siswa dengan teman sebaya dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok.Kata kunci : interaksi sosial, konseling kelompok, siswa.

Copyrights © 2015