LATERNE
Vol 8, No 2 (2019)

PENERAPAN STRATEGI CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA KELAS XI SMAN 1 DRIYOREJO

ERFAN MAULANA, MUHAMMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Keterampilan membaca adalah suatu kegiatan interaktif untuk memetik serta memahami arti yang terkandung di dalam bahan tulis. Mempelajari membaca sangat dibutuhkan untuk mempelajari bahasa, tetapi sebagian peserta didik kurang berminat terhadap keterampilan membaca dan belum dijadikan kebiasaan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Pembelajaran keterampilan membaca di SMAN 1 Driyorejo sering digunakan. Namun berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam pelafalan maupun memahami bacaan, menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, dan penggunaan metode pembelajaran dalam keterampilan membaca kurang bervariasi. Strategi pembelajaran CIRC merupakan salah satu strategi pembelajaran yang tepat untuk mempermudah peserta didik meningkatkan keterampilan membaca bahasa jerman dan memahami bacaan serta menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, dan membaca pemahaman dibutuhkan untuk memudahkan peserta didik memahami bacaan. Strategi pembelajaran ini merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang berkontribusi positif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Bagaimana respon peserta didik kelas XI semester 1 SMAN 1 Driyorejo dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa jerman dengan strategi pembelajaran CIRC?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil respon peserta didik terhadap penerapan strategi pembelajaran CIRC untuk keterampilan membaca bahasa jerman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif. Data diperoleh dari hasil tangapan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran CIRC mendapatkan respon positif atau sangat baik dari peserta didik. Hasil dari penelitian berupa angket respon belajar peserta didik terhadap proses pembelajaran setelah diberikan strategi pembelajaran CIRC. Peserta didik merespon kegiatan pembelajaran dengan strategi pembelajaran CIRC, pada pernyataan nomer 1,3,5,7,9,11,13,15,17, dan 19 pilihan Sangat Setuju sebanyak 51, Setuju 267, Tidak Setuju 39, dan Sangat Tidak Setuju 3. Sedangkan pada pernyataan nomer 2,4,6,8,10,12,14,16,18, dan 20 sebanyak 40 Sangat Tidak Setuju, 279 Tidak Setuju, 37 Setuju, dan 4 Sangat Setuju. Berdasarkan analisis data hasil respon belajar peserta didik, respon positif yang diberikan peserta didik sesuai dengan strategi pembelajaran CIRC untuk pembelajaran keterampilan membaca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran CIRC dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bacaan peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 1 Driyorejo

Copyrights © 2019