LATERNE
Vol 8, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN TES SUMATIF BAHASA JERMAN SEMESTER GANJIL KELAS X SMA NEGERI 1 TAMAN

ULIATUL HIKMAH, MAS (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Evaluasi merupakan proses pengumpulan data untuk memberikan gambaran perkembangan belajar peserta didik. Untuk mencapai tujuan dalam evaluasi, maka diperlukan suatu instrumen yang tepat karena intrumen evaluasi yang kurang baik akan mengakibatkan hasil penilaian menjadi tidak sesuai dengan realita. Evaluasi pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Taman salah satunya adalah tes sumatif yang dilaksanakan tiap akhir semester. Dalam mengembangkan tes yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan, maka perlu dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas distraktor (Nurgiyantoro, 2010). Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk tes sumatif bahasa Jerman kelas X SMA Negeri 1 Taman yang sesuai kriteria. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan tes sumatif bahasa Jerman kelas X SMA Negeri 1 Taman yang sesuai kriteria. Kriteria yang telah ditetapkan adalah a) butir soal yang dikembangkan valid, b) butir soal yang dikembangkan reliabel, c) tingkat kesukaran ketegori sedang d) daya pembeda butir soal minimal cukup, dan e) distraktor pada soal efektif. Dari kriteria tersebut, butir soal dapat diterima apabila memenuhi minimal tiga kriteria termasuk validitas dan reliabilitas. Butir soal ditolak apabila tidak memenuhi semua kriteria. Untuk mengembangkan instrumen evaluasi perlu melalui serangkaian langkah-langkah pengembangan tes sumatif yang telah ditetapkan. Sehingga dapat diperoleh instrumen evaluasi tes sumatif yang dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian uji coba. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas peserta didik XI SMA Negeri 1 taman yang menempuh mata pelajaran bahasa jerman sebagai lintas minat maupun pelajaran wajib. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Taman. Hasil dari penelitian ini adalah kisi-kisi tes sumatif pilihan ganda berdasarkan kurikulum 2013 dan taksonomi bloom revisi aspek kognitif dan aspek psikomotor. Dari 50 butir soal yang telah dikembangkan, analisis kuantitatif tes tersebut menunjukkan sebanyak 20 butir tes dapat diterima karena memenuhi kriteria yaitu nomor 1, 3, 4, 6, 11, 12, 14, 16, 17, 19, 21,23, 24, 31, 32, 33, 40, 44, 47, dan 48. Dan sebanyak 30 butir soal ditolak karena tidak memenuhi kriteria yaitu nomor 2, 5, 7, 8, 9, 10, 13, 15, 18, 20, 22, 25, 26, 27, 28, 29, 30, 34, 35, 36, 37, 38, 39, 41, 42, 43, 45, 46, 49, 50. Kata Kunci : Pengembangan Tes, Tes Sumatif Bahasa Jerman, Semester Ganjil

Copyrights © 2019