Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 2 (2019): Historical Learning

Membangun Karakter Ke-Indonesiaan Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Era Global

Terra Erlina (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945. PKn sebagai pendidikan nilai moral memerlukan pendekatan yang humanistik dan tidak lagi indoktrinatif, sehingga mampu membangun warga negara demokratis menuju masyarakat yang beradab (civil society). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif meliputi langkah-langkah sebagai berikut: (1). observasi (2). wawancara, (3). Content analysis (Analisis Dokumen), (4). Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis portofolio mampu menumbuhkan sejumlah kompetensi kewarganegaraan secara utuh yakni anak bangsa dan warga negara Indonesia cerdas, partisipatif dan bertanggung jawab.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

factum

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah promotes research in the broad field of history and Education with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from historian, educator, teacher, senior researchers, ...