Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 2 (2019): Historical Learning

Pengaruh Peran Museum Pendidikan Nasional (Mupenas) UPI sebagai Sumber Belajar terhadap Tingkat Berpikir Kronologis Pengunjung

Masyithoh Nurul Haq (Universitas Pendidikan Indonesia)
Erlina Wiyanarti (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peran Museum Pendidikan Nasional UPI, baik dalam hal edukasi maupun aspek pelayanan lainnya, terhadap kemampuan berpikir kronologis pengunjungnya atau tidak, terkhusus pada konten sejarah pendidikan nasional/Indonesia, lebih jauhnya ingin melihat apakah pengaruh itu positif ataukah negatif. Metode penelitian menggunakan studi korelasional. Data diperoleh melalui penyebaran angket dan tes. Responden adalah mahasiswa pendidikan sejarah UPI angkatan 2015 yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Spearman dan uji regresi linear. Hasil menunjukkan terdapat hubungan positif namum sangat lemah antara peran Mupenas UPI sebagai sumber belajar dengan tingkat berpikir kronologis pengunjung yang diukur berdasarkan tingkat kemampuan membedakan masa lalu, sekarang, dan yang akan datang; tingkat kemampuan mengidentifikasi struktur temporal narasi sejarah; tingkat kemampuan menetapkan urutan narasi sejarah; tingkat kemampuan mengukur dan menghitung satuan waktu dalam sejarah; dan tingkat kemampuan menjelaskan perubahan dan kesinambungan waktu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

factum

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah promotes research in the broad field of history and Education with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from historian, educator, teacher, senior researchers, ...