Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Wahyu Ningsih (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)
M Coesamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2013

Abstract

Pembebelajaran kooperatif tipe NHT merupakan model pembelajaran menggunakan sistem penomoran yang memicu siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan karena setelah diskusi kelompok guru akan menyebut satu nomor secara acak dan siswa dengan nomor tersebut harus siap mempresentasian jawaban bagi seluruh siswa dalam kelas. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan bangunan SMK N 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI Teknik batu Beton (TBB) dan XI Teknik Konstruksi Kayu (TKK) yang telah dipilih secara acak. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest yang melibatkan dua kelompok. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajarankooperatif tipe NHT sama dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata Kunci: NHT, Hasil Belajar.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...