Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Yunita Elva Rizki (Unknown)
Nur Hanurawati (Unknown)
Pentatito Gunowibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2013

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ke-mampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretestposttest control design dan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Secara purposive sampling dipilih dua dari tiga kelas pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013 sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, karena nilai rata-rata yang diperoleh pada indeks gain tidak berbeda secara signifikan pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, namun pada pencapaian indikator terlihat bahwa kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik disbanding kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: TPS, kemampuan komunikasi matematis.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...