Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2014

Augmented Reality Book Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Ulun Danu Batur

I Gede Mahendra Darmawiguna (Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja)
I Made Gede Sunarya (Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja)
Padma Nyoman Crisnapati (Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja)
I Made Yudiantara (Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2014

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untukmerancang dan mengembangkan Augmented Reality BookPengenalan Tata Letak Bangunan Pura Ulun Danu Batur. Modelpenelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasiAugmented Reality Book pengenalan tata letak Pura Ulun DanuBatur adalah menggunakan model waterfall. Aplikasi inimenggunakan library vuforia yang mampu menampilkan objek 3dimensi bangunan pura ke dalam sebuah lingkungan nyatadengan menggunakan bantuan buku dan smartphone android.Hasil akhirnya berupa buku yang berisikan informasi dangambar terkait Pura Ulun Danu Batur yang difungsikan sebagaipenanda dan juga aplikasi Augmented Reality Book berbasisandroid yang mampu menampilkan objek bangunan Pura UlunDanu Batur dalam bentuk 3 dimensi tepat di atas marker lengkapdengan suara narasi penjelasan. Aplikasi ini dapat dijadikansebagai media untuk memperkenalkan sekaligus melestarikanbudaya bangsa terutama di daerah bBali.

Copyrights © 2014