Prosiding Seminar Nasional MIPA
2015: PROSIDING SEMINAR NASIONAL MIPA UNDIKSHA 2015

KONTINUITAS PENELITIAN DOSEN UNDIKSHA DALAM BIDANG KECAKAPAN HIDUP (SOFT SKILL) TAHUN 2009-2014

Wijana, Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui jumlah peneliti yang melakukan penelitian yang berlangsung selama waktu 2009-2014, (2) Mengetahui jumlah peneliti yang melakukan penelitian di bidang kecakapan hidup (life skill) yang berlangsung secara kontinu atau berkesinambungan selama waktu 2009-2014 dan(3) Kendala-kendala yang dialami bagi peneliti yang melakukan penelitian secara tidak berkesinambungan selama waktu 2009-2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penelitian yang telah dilakukan di Undiksha dalam kurun waktu tahun 2009-2015. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen. Data penelitian ini berupa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profil penelitian dosen Undiksha dari tahun 2009-2014 secara umum, kuantitasnya cenderung mengalami kenaikan, kecuali penelitian tahuan 2010. (2) Dari jumlah penelitian dari tahun 2009-2014, ada penelitian sebanyak 1.093. Dari 1.093 penelitian tersebut, 327 adalah jenis penelitian kecakapan hidup (29,92%). Jumlah penelitian yang mencakup kecakapan hidup yang persentasenya paling besar adalah tahun 2014 yaitu sebanyak 33,85% dan yang paling sedikit adalah tahun 2009 (25,60%). (3) Dari 327 buah penelitian tahun 2009-2014, dari bidang personal ada sebanyak 5 buah penelitian, 53 buah penelitian sosial, 233 buah penelitian akademik, dan 44 buah penelitian vokasional.(4) peneliti yang melakukan penelitian berorientasi kecakapan hidup yang berlanjut secara konstan selama 2 tahun adalah 23 orang (10.45%), yag berlanjut secara konstan selama 3 tahun sebanyak 9 orang (4.09%), yang berlanjut secara konstan selama 4 tahun sebanyak 2 orang (0.91%), berlanjut konstan 5 dan 6 tahun masing-masing 0 orang (0.00%), berlanjut secara tidak konstan sebanyak13 orang (5.91%), dan yang tidak berlanjut 173 orang (78.64%); (5) Adapun kendala yang dihadapi dari ketidakberlanjutan penelitian dosen adalah (1) Faktor masa kontrak, (2) Proposal yang disusun hanya untuk satu tahun, (3) Kontrak hanya dua tahun, dan (4) Bidang keilmuan dari peneliti yang tidak relevan.Kata Kunci: Kontinuitas, Penelitian Dosen, Kecakapan HidupAbstractThe purpose of this research were (1) to determine the number of researchers who conduct research that took place during the time from 2009 to 2014, (2) Determine the number of researchers who conduct research in the field of life skills which continuously during the period 2009-2014 and (3) the constraints experienced by the researchers who conducted the research are not sustainable over the period from 2009 to 2014. The population in this research are all the research that has been done in Undiksha in the period 2009-2015. The samples using total sampling technique. Data collection techniques used in this research is the study of the document. This research data in the form of qualitative data. The results showed that (1) Profile Undiksha lecturer research from 2009-2014 in general, quantity tends to increase, except for research in 2010 year. (2) Of the research from 2009-2014, there is much research as 1,093. From 1,093 of the research, 327 is the kind of life skills research (29.92%). The amount of research that includes life skills that the greatest percentage was in 2014 year that as many as 33.85% and the least was in 2009 year (25.60%). (3) Of the 327 pieces of research 2009-2014, from personal skill research there are as many as 5 pieces, 53 pieces of social skill research, 233 pieces of academic skill research, and 44 pieces ofvocational skill research. (4) The researchers who conducted the research-oriented life skills that continuing basis constant for 2 years was 23 peoples (10:45%), The continues constantly for 3 years as many as 9 peoples (4:09%), which continued constantly for 4 years as many as 2 peoples (0.91%), continuing the constant 5 and 6 years respectively each 0 people (0.00%), continues as inconstant as many as 13 people (5.91%), and that does not continue 173 people (78.64%); (5) The constraints faced from the discontinuation of research lecturer are (1) The factors of contract period, (2) The proposal written only for one year, (3) The contract is only two years old, and (4) Field of knowledge from researchers irrelevant.Keywords: Continuity, Research Lecturer, Life Skills

Copyrights © 2015