Prosiding KOMMIT
2014

APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA

Maulana, Angga (Unknown)
Raharja, Wahyu Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2014

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, komputer memilikibanyak manfaat bagi manusia di berbagai bidang yaitu dalam bidanginformasi, edukasi, bisnis dan komunikasi. Penelitian ini bertujuanuntuk membuat aplikasi media pembelajaran tentang tata surya. Saatini pembelajaran tata surya hanya bisa dipelajari dari buku, video,internet ataupun datang langsung ke tempat yang mempelajari tentangtata surya seperti Planetarium. Penelitian ini memanfaatkan teknologiAugmented Reality (AR). AR sebagai penggabungan benda-bendanyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalamwaktu nyata dan terdapat integrasi antarbenda dalam tiga dimensi(3D). Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan denganteknologi tampilan yang sesuai. Untuk pembuatan objek 3D digunakansoftware 3DSMax sedangkan untuk membuat aplikasi digunakansoftware ARSound. Aplikasi pembelajaran tata surya ini dibuat dalammelalui tahap pembuatan objek 3D, perancangan aplikasi, danperancangan marker.

Copyrights © 2014