JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA

Mokoagouw, Roland (Unknown)
Wenas, Jhon R. (Unknown)
Marasut, Alri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segitiga. Penelitin ini menggunakan Metode Penelitian Eksperimen terhadap siswa VII di SMP Negeri 1 Eris. Sampel yang di ambil adalah kelas VII yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki rata-rata sebesar 82 dengan presentase ketuntasan kelas 26 (87%) siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segitiga. Dari hal tersebut disarankan bagi guru agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Matematika, khususnya materi segitiga. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar dan segitiga

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...