JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika

HUBUNGAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI GEOMETRI

mananeke, Swingli G. (Unknown)
Wenas, Jhon R. (Unknown)
Sambuaga, Oltje T. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan visualspasial dengan hasil belajar matematika siswa pada materi geometri. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMA Negeri 3 Tondano tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 104 orang, sampel adalah sebanyak 30 orang siswa. Data kecerdasan visual-spasial diperoleh melalui instrumen tes, sedangkan data hasil belajar matematika diperoleh melalui dokumentasi hasil ulangan harian materi geometri di semester genap tahun ajaran 2014/2015 dari guru mata pelajaran matematika di tempat penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi yang dilanjutkan dengan analisis korelasi untuk mendapatkan koefisien determinasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat hubungan positif kecerdasan visual-spasial dengan hasil belajar matematika siswapada materi geometri sebesar 66% secara signifikan. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Geometri, Kecerdasan Visual-Spasial.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...