Jurnal Manajemen Teknologi
Vol 18, No 1 (2019)

Kajian Warna & Ilustrasi Primary Display Panel Kemasan menggunakan Metode Kuesioner dan Eye-Tracking

Swasty, Wirania (Fakultas Industri Kreatif, Telkom University)
Mustikawan, Arry (Fakultas Industri Kreatif, Telkom University)
Koesoemadinata, Mohammad Isa Pramana (Fakultas Industri Kreatif, Telkom University)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2019

Abstract

Abstrak. Produk pangan industri rumah tangga (P-IRT) kalah bersaing di rak pajang karena kemasannya kurang eye-catching. Beberapa faktor di antaranya warnanya kurang mencolok serta ilustrasi/ foto kurang menarik. Penelitian yang akan dilakukan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kombinasi warna dan ilustrasi/ foto pada Primary Display Panel (PDP) kemasan yang menarik perhatian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kombinasi faktor warna dan gambar (ilustrasi/ foto) akan diuji dengan metode Eye-tracking dan kuesioner yang diolah menggunakan metode ANOVA. Penelitian terdiri dari tiga tahap: pertama pengumpulan data I, kedua pengolahan data dan analisis I; dan tahap terakhir uji kesamaan dan penarikan kesimpulan. Studi ini mengungkap bahwa preferensi yang didapat dari kuesioner berbeda hasilnya dengan pengamatan eye tracking. Dengan kata lain, tidak selalu apa yang disukai konsumen sama dengan apa yang diamati konsumen. Penelitian ini diharap dapat membantu produsen pangan industri rumah tangga dalam mempertimbangkan desain kemasan agar lebih menarik perhatian dan menumbuhkan minat pembeli dengan melakukan eksperimen eye tracking.Kata kunci: Eye-tracking, ilustrasi, kemasan, kuesioner, PDP, warnaAbstract. Home industry food products are unable to compete on display shelves because the packaging is less eye-catching. Some factors include the color is not flashy and the illustration/ photo is less attractive. The research that will be conducted aims to identify color combinations and illustrations/ photos in the Primary Display Panel (PDP) packaging that attracts consumers' attention. This study uses a quantitative approach. The combination of color factors and images (illustrations / photos) will be tested with the Eye-tracking method and a questionnaire processed using the ANOVA method. The study consisted of three stages: first data collection I, both data processing and analysis I; and the final stage of equality testing and conclusion drawing. From the study, it was revealed that the preferences obtained from the questionnaire differed in results with eye tracking observations. In other words, it is not always what consumers like as what consumers observe. This research is expected to help home industry food producers in considering packaging design to attract more attention and foster buyer interest by conducting eye tracking experiments.Keywords: Colour, eye-tracking, illustration, packaging, PDP, questionnaire

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mantek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Manajemen Teknologi merupakan salah satu publikasi ilmiah yg diterbitkan oleh SBM ITB, dalam kerangka untuk mendorong pengembangan praktik dan teori manajemen di Indonesia melalui penyebarluasan temuan-temuan hasil riset di bidang sains dan kasus manajemen. Jurnal ini dikenal secara luas ...