Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, bunga kredit, dan citra bank terhadap kepuasan dan loyalitas debitur di PT BPR Ukabima Nindya Raharja Wonosari,  Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Data yang digunakan adalah data primer dengan mengambil sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 nasabah. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Random sampling Alat analisis yang dipakai Uji Instrumen Penelitian, Uji linearitas, analisis jalur dan regresi dengan uji t, uji F dan Uji R2. Hasil Uji t menunjukkan bahwa produk berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan debitur. Bunga kredit berpengaruh signifikan terhadap kepuasan debitur.  Citra  bank berpengaruh signifikan terhadap kepuasan debitur. Produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas debitur. Bunga kredit berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas. Citra bank berpengaruh signifikan terhadap loyalitas debitur. Kepuasan debitur berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas debitur.  Hasil uji secara serempak (Uji F) dapat disimpulkan secara simultan produk, bunga kredit, citra bank dan kepuasan debitur berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas debitur. R2 total adalah 92,6%. Ini berarti bahwa loyalitas debitur dijelaskan oleh produk, bunga kredit, citra bank dan kepuasan debitur sebesar 92,6% dan sisanya sebesar 7,4% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian.  Jalur langsung citra bank terhadap loyalitas merupakan jalur yang paling efektif meningkatkan loyalitas, karena mempunyai pengaruh yang sangat besar,.positip dan signifikan.Kata kunci: produk, bunga kredit, dan citra bank terhadap kepuasan, loyalitas
Copyrights © 0000