REKA INTEGRA
Vol 1, No 3 (2013): Edisi Ketiga

Usulan Peningkatan Minat Konsumen dalam Pembelian Produk Handphone Samsung Berdasarkan Variabel-Variabel yang Mempengaruhinya Menggunakan Structural Equation Modeling

Martin, Martin (Unknown)
Rukmi, Hendang Setyo (Unknown)
Adianto, Hari (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2014

Abstract

Penjualan suatu produk  berkaitan erat dengan minat konsumen. Semakin tinggi minat konsumen akan membuat semakin tinggi juga penjualan produknya. Minat konsumen dipengaruhi oleh pengaruh sosial, pengalaman konsumsi, dan bauran pemasaran. Sebagai salah satu produsen handphone, Samsung ingin meningkatkan penjualan produknya melalui peningkatan minat konsumen. Penelitian ini bertujuan menghasilkan usulan peningkatan minat konsumen dalam pembelian handphone Samsung berdasarkan variabel-variabel yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah structural equational modeling.  SEM (Structural Equational Modeling) merupakan metode yang terdiri atas analisis jalur, analisis faktor, dan regresi berganda. Metode structural equational modeling dilakukan dengan bantuan program Lisrel 8.80. Variabel yang memiliki pengaruh terbesar terhadap minat konsumen adalah harga, proses, dan promosi. Kata kunci: Minat Konsumen, Structural Equational Modeling, Lisrel   ABSTRACT Sell a product be related to consumer interest. Higher consumer interest will make product sold higher too. Consumer interest depend by consumption experience, social effect, and marketing mix. As one of handphone producer, Samsung will increase sale of it’s product by increase consumer interest. This research have a purpose to make suggestion to increase consumer interest on buying handphone Samsung depend by variable-variable which influence consumer interest. Method used is Structural Equational Modeling. SEM (Structural Equational Modeling) is a method which comprise with path analysis, factor analysis, and multiple regression. Structural Equational Modeling Method used by Lisrel 8.80. Variabel which have biggest influence to consumer interest are price, process, and promotion. Keyword: Consumer Interest, Structural Equational Modeling, Lisrel

Copyrights © 2013