bionature
Vol 17, No 2 (2016): Oktober

Penerapan Model Pembelajaran MURDER untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar

Munandar, Haris (Unknown)
Ahmad, Fandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas dengan penerapan model pembelajaran MURDER. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPA5 tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 43 orang. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitaif. Data kualitatif diperoleh dari observasi dan pemberian angket, sementara data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan prestasi belajar siswa, yaitu dimana pada siklus I ada 19 siswa nilainya tidak tuntas dengan persentase 44% ,dan siswa yang tuntas ada 24 siswa dengan persentase 56% dan pada siklus II mengalami peningkatan siswa yang tuntas. dan mengalami penurunan siswa yang tidak tuntas. Siswa yang tuntas ada 39 siswa dengan persentase 91%, siswa yang tidak tuntas ada 4 siswa dengan persentase 9%.   Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran MURDER, dan Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

bionature

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health Veterinary

Description

BIONATURE adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang biologi. Diterbitkan dua kali setahun pada bulan april dan oktober oleh Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri ...