Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 16, No 1 (2015)

Pengembangan Model Perkuliahan Berwawasan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup (Life Skill) Mahasiswa Calon Guru

Army Auliah (Universitas Negeri Makassar)
Halimah Husain (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan model perkuliahan berwawasan kewirausahaan untuk meningkatkan kecakapan hidup mahasiswa calon gurU. Obyek penelitian adalah model perkuliahan berwawasan kewirausahaan. Model perkuliahan dikembangkan untuk meningkatkan kecakapan hidup mahasiswa berdasarkan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Komponen kecakapan hidup meliputi (1) kecakapan mengenal diri sendiri (self awarness or personal skill), (2) kecakapan berpikir (thinking skill), kecakapan social (social skill), (4) kecakapan ilmiah (academic scientific skill), dan (5) kecakapan kejuruan (vocational skill). Langkah-langkah pengembangan model dilakukan melalui empat tahap sesuai model pengembangan Plomp (1997) yaitu pengkajian awal, perencanaan, realisasi/konstruksi, dan implementasi. Pengkajian awal dan perencanaan, bertujuan mengkonstruksi isi pembelajaran berwawasan kewirausahaan untuk meningkatkan kecakapan hidup yang sesuai dengan bidang studi dengan studi eksplorasi, Realisasi dan konstruksi dengan menyusun perangkat pendukung model pembelajaran kemudian divalidasi oleh tim ahli pembelajaran dan kewirausahaan.Penelitian menghasilkan sebuah model perkuliahan berwawasan kewirausahaan serta perangkat pendukung model meliputi: kurikulum pembelajaran, panduan pembelajaran, strategi penyampaian, dan alat evaluasi keberhasilan pembelajaran yang akan diimplementasikan pada penelitian tahun berikutnya.Kata kunci: Model perkuliahan, Kewirausahaan, Kecakapan hidupABSTRACTThis research is a development that aims to develop a model of entrepreneurial-minded lectures to enhance the life skills student teachers. Object of research is insightful lecture model of entrepreneurship. Lectures models developed to improve the life skills of students based on contextual learning (Contextual Teaching and Learning). Components of life skills include (1) the skills to know yourself (self awareness or personal skills), (2) thinking skills (thinking skills), skills social (social skills), (4) proficiency scientific (academic scientific skills), and (5) vocational skills (vocational skills). The steps of model development are done through four stages according to Plomp development model (1997) is the initial assessment, planning, realization / construction, and implementation. The initial assessment and planning, aims to construct a vision of entrepreneurial learning content to enhance life skills appropriate to the field of study with an exploratory study, realization and construction by arranging the support device learning model and then validated by a team of expert learning and entrepreneurship. The research produce a model of entrepreneurship and insightful lecture support device models include: curriculum learning, learning guides, delivery strategy, and evaluation tools of learning which will be implemented in next year's research.Keywords: Model lectures, Entrepreneurship, Life skills

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...