Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 19, No 2 (2018)

Pengaruh Mind Mapping dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara (Studi pada Materi Pokok Reaksi Redoks)

Nurul Amanda Hirman (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)
Army Aulia (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)
Sugiarti Sugiarti (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind mapping dalam pembelajaran koperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukamaju. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukamaju yang berjumlah 9 kelas. Sampel penelitian adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 24 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah mind mapping dalam model pembelajaran koperatif tipe STAD sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok reaksi redoks. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mind mapping dalam model pembelajaran koperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara pada materi pokok Reaksi Redoks. Kata Kunci : mind mapping, koperatif tipe STAD, hasil belajar, reaksi redoks ABSTRACT This research is a quasi-experimental study which aims to determine the effect of mind mapping in cooperative learning type STAD on the learning outcomes of class X students of SMA Negeri 1 Sukamaju. The population of this study were the X grade students of SMA Negeri 1 Sukamaju which amounted to 9 classes. The research sample is class X1 as an experimental class and class X2 as a control class with a total of 24 students, respectively. The independent variable in this study is mind mapping in the STAD type cooperative learning model while the dependent variable is the student learning outcomes in the subject matter of the redox reaction. Data analysis uses descriptive and inferential statistics to test the research hypothesis. The results of the study concluded that mind mapping in the STAD cooperative learning model had a significant effect on the learning outcomes of class X students of SMA Negeri 1 Sukamaju, North Luwu Regency in the subject matter of the Redox Reaction. Keywords: Mind mapping, cooperative learning models of STAD, student achievement, redox reaction

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...