Indonesian Journal of Educational Studies
Vol 20, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI

PENDEKATAN DIALOG DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SDN GIRIMOYO 03 KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG

Sarlin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran persepsi guru terkait pengimplementasian pendekatan dialog dalam pembelajaran ilmu pengetahun sosial. Pendekatan kualitatif yang digunakan adalah fenomelogi deskriptif yang didasarkan pada filosofi Husserl. Fenomenologi deskriptif ini digunakan untuk mengembangkan struktur pengalaman Guru dari suatu fenomena dalam mencari kesatuan makna dengan mengidentifikasi fenomena dan menggabarkan suatu pengalaman Guru sehari-hari. Data utama penelitian ini diperoleh berdasarkan interaksi dengan respoden dalam latar alamiah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan, materi pembelajaran yang akan disampaikan, dan alokasi waktu dalam satu kali pertemuan menjadi dasar dalam penerapan pendekatan dialog. Selain itu kegiatan yang akan dilakukan selama proses pembelajaran dengan melibatkan siswa sebagai warga belajar menjadi pertimbangan mendasar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Insani

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Social Sciences

Description

IJES is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the world. IJES publishes any research- based articles on and about education i.e. articles ...