Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajara Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Biologi Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey untuk menghasilkan perangkat pembelajaran mata kuliah biologi dasar dengan pendekatan pembelajaran inkuri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan pada mahasiswa peserta mata kuliah Biologi Dasar tahun akademik 2015/ 2016, dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing, dan memperoleh data empiris mengenai keunggulan pembelajaran inkuiri terbimbing dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dihasilkan, yaitu satuan acara perkuliahan (SAP), lembar kerja mahasiswa (LKM), dan media pembelajaran mendapat kategori valid. Mahasiswa juga memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan pembelajaran, serta penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terbukti dapat memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.Kata kunci: Berpikir kritis, inkuiri terbimbing
Copyrights © 2016