Indonesian Journal of Educational Studies
Vol 19, No 1 (2016)

MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA KULIAH BIOLOGI DASAR

Nurhayati, Nurhayati (Unknown)
Jumadi, Oslan (Unknown)
Faisal, Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajara Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Biologi Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey untuk menghasilkan perangkat pembelajaran mata kuliah biologi dasar dengan pendekatan pembelajaran inkuri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan pada mahasiswa peserta mata kuliah Biologi Dasar tahun akademik 2015/ 2016, dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing, dan memperoleh data empiris mengenai keunggulan pembelajaran inkuiri terbimbing dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dihasilkan, yaitu satuan acara perkuliahan (SAP), lembar kerja mahasiswa (LKM), dan media pembelajaran mendapat kategori valid. Mahasiswa juga memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan pembelajaran, serta penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terbukti dapat memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.Kata kunci: Berpikir kritis, inkuiri terbimbing

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Insani

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Social Sciences

Description

IJES is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the world. IJES publishes any research- based articles on and about education i.e. articles ...