Indonesian Journal of Educational Studies
Vol 20, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS V SDN MI DDI PALOPO

Yasmin, Fatimah (Unknown)
Erni, Erni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Penelitian   ini   adalah   penelitian tindakan kelas. Tujuan jangka panjang yang diharapkan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran imajinatif akan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik dan kreativitas  siswa.  Target      khusus      penelitian    ini  adalah  (1)  seberapa jauh kemampuan mengarang siswa dengan diterapkannya model pembelajaran imajinatif   (2) bagaimana pengaruh metode pembelajaran imajinatif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SDN Kota Palopo. Adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik pengamatan/ Observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan nilai tes antara siklus dan indikator kinerja. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi perkembangan dan perubahan subjek setelah subjek diberikan diberlakukan khusus atau dikondisikan pada situasi tertentu, dengan pembelajaran tindakan dalam kurun waktu tertentu dan berulangulang sampai program dinyatakan berhasil. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SDN Kota Palopo. Tahap pengumpulan data yaitu pemberian tes hasil belajar dan angket respons siswa. Data yang telah dikumpulkan   dianalisis secara   kualitatif,   kuantitatif,   analisis statistika deskriptif, dan analisis statistika inferensial.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Insani

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Social Sciences

Description

IJES is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the world. IJES publishes any research- based articles on and about education i.e. articles ...