Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan

KEEFEKTIFAN MODEL PROBEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

., Maryono ( STKIP PGRI Pacitan)
Irawan, Edi ( STKIP PGRI Pacitan)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2011

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan pada 25 orang siswa kelas VII MTS Muhammadiyah Nawangan tahun akademik 2008/2009. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan prestasi siswa diukur dengan menggunakan tes. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk perhitungan persentase dan rata-rata nilai. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas belajar siswa pada Siklus I 32 %, Siklus II 60%, Siklus III 100%; 2) Aktivitas mengajar guru juga menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklus, 3) Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari Siklus I 5,96, Siklus II 6,68, dan Siklus III 7,76. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.Kata kunci: model problem based learning, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian ...