IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL
Vol 5, No 2 (2017): IT JOURNAL OKTOBER 2017

PENERAPAN METODE TEOREMA BAYES UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK)

Daifiria Daifiria (Fakultas Teknik & Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika Universitas Potensi Utama Jl. K.L.Yos Sudarso Km 6,5 No. 3A Tanjung Mulia Medan Sumatera Utara 20241 Indonesia)
Muhammad Barkah Akbar (Fakultas Teknik & Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika Universitas Potensi Utama Jl. K.L.Yos Sudarso Km 6,5 No. 3A Tanjung Mulia Medan Sumatera Utara 20241 Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Sistem yang akan dirancang diharapkan mampu berfikir seperti seorang pakar. Sistem ini akan menggunakan metode theorema bayes untuk menghitung tingkat kemungkinan dan dapat memberikan tingkat kepastian diagnosa. Objek yang diteliti adalah penyakit paru obstruktif kronik, dimana masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai penyakit ini. Sistem ini akan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat mengenai penyakit paru obstruktif kronik, dan juga dapat memberikan pelayanan diagnosa awal terhadap penyakit ini.Menurut Global Initiative for Chronic Obstructive Lung Disease (GOLD), PPOK adalah penyakit dengan karakteristik keterbatasan saluran napas yang tidak sepenuhnya reversible. Keter-batasan saluran napas tersebut biasanya progresif dan berhubungan dengan respons inflamasi di-karenakan bahan yang merugikan atau gas. Penyakit paru obstruktif kronik merupakan penyakit sistemik yang mempunyai hubungan antara keterlibatan metabolik, otot rangka dan molekuler genetik. Keterbatasan aktivitas merupa-kan keluhan utama penderita PPOK yang sangat mempengaruhi kualitas hidup. Disfungsi otot rangka merupakan hal utama yang berperan dalam keterbatasan aktivitas penderita PPOK. Inflamasi sistemik, penurunan berat badan, peningkatan risiko penyakit kardiovaskuler, osteoporosis, dan depresi merupakan manifestasi sistemik PPOK.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan merancang suatu sistem yang dapat mengidentifikasi dan memastikan penyakit paru obstruktif kronik berdasarkan gejala yang tampak dan untuk membantu masyarakatuntuk dapat mengetahui lebih dini mengenai penyakit ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ITJournal

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

IT Journal adalah jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, ...