Journal of Health, Education, And Literacy (J-Healt)
Vol 2 No 2 (2020): Journal of Health, Education and Literacy (J-Healt)

Efektifitas Video Tutorial Berbasis Smartphone Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Keluarga dalam Merawat Aktivity Daily Living (ADL) Pasien Gangguan Jiwa

irfan irfan (STIKes Marendeng Majene)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Activities Daily Living (ADL) merupakan permasalahan yang paling umum terjadi pada pasien skizofrenia. Pasien skizofrenia membutuhkan bantuan dan dukungan dari keluarga dalam pemenuhan Activities Daily Living (ADL). Pemberian pendidikan kesehatan pada keluarga dapat meningkatkan pengetahuan keluarga dalam proses perawatan. Penggunaan media pendidikan berbasis video tutorial yang dapat memberikan informasi pendidikan kesehatan melalui demonstrasi video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Efektifitas video tutorial berbasis smartphone terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap keluarga dalam merawat aktivity daily living (ADL) pasien gangguan jiwa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eskperiment dengan pendekatan pretest and posttes with control group. Populasi 341 anggota keluarga skizofrenia dengan jumlah sampel 40 responden, terbagi 2 kelompok, kelompok intervensi 20 responden dan kelompok kontrol 20 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengetahuan responden diukur menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh peneliti dan telah dilakukan uji content dan uji construct dengan nilai Crombach’s Alpa 0,954. Data dianalisis menggunakan Uji T-Tes. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata pengetahuan setelah pemberian intervensi menggunakan media video tutorial dengan nilai p= 0,000, terdapat peningkatan signifikan skor rata-rata pengetahuan pada kelompok kontrol dengan nilai p= 0,000, dan terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan nilai p= 0,000. Selanjutnya hasil rata-rata skor sikap setelah pemberian intervensi menggunakan media video tutorial dengan nilai p= 0,000, terdapat peningkatan signifikan skor rata-rata pengetahuan pada kelompok kontrol dengan nilai p= 0,000, dan terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan nilai p= 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemberian intervensi pendidikan kesehatan menggunakan media audiovisual video tutorial berbasis smartphone menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap keluarga tentang activities daily living (ADL) pada pasien Skizofrenia. Peneliti merekomendasikan media tersebut pada pelayanan kesehatan sebagai salah satu pilihan dalam meningkatkan pengetahuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

j-healt

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health

Description

Journal of Health, Education and Literacy (J-Healt) diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat. Terbit dua kali dalam setahun (Maret dan September) dengan tujuan sebagai wadah komunikasi ilmiah bidang kesehatan yang diangkat dari hasil penelitian atau studi literature yang ...