Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 21, No 1 (2017)

Pengembangan tes kemampuan berpikir kritis pada materi Optik Geometri untuk mahasiswa Fisika

Pradana, Shan Duta Sukma (Unknown)
Parno, Parno (Unknown)
Handayanto, Supriyono Koes (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan tes kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan urutan tahapan penganalisisan, perencanaan, pengembangan, pengimplementasian, dan pengevaluasian, tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengimplementasian. Tes yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari lima belas butir soal uraian. Validasi terhadap butir soal tes dilakukan dua kali, yaitu validasi isi dan validasi empiris. Hasil validasi isi menunjukkan bahwa nilai rata-rata butir soal tes sebesar 3,394 berkategori baik, sedangkan hasil validasi empiris menunjukkan bahwa ada sebelas soal berkategori valid dan empat soal berkategori tidak valid. Sebelas soal yang berkategori valid memiliki nilai koefisien reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0,67. Hasil implementasi tes menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebesar 27,20 dari 100,00  dengan nilai tertinggi 71,05 dan nilai terendah 2,63. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa masih kurang.Kata kunci: tes kemampuan bepikir kritis, kemampuan berpikir kritis DEVELOPING CRITICAL THINKING SKILLS TEST IN GEOMETRICAL OPTIC FOR PHYSICS STUDENTAbstractThe kind of this study is the research and development that aims to develop critical thinking skills test. This study uses ADDIE model that has five steps: analyze, design, develop, implement, and evaluate, but in this study only done until the implementing step. This test consists of fifteen items essay test. Validation of this test performed twice, content validation and empirical validation. Content validation shows that this test have good categorized with average score 3,394, whereas empirical validation shows that there are eleven items that have valid categorized and four items that have invalid categorized. The valid items have reliabity coefficient Alpha Cronbach 0,67. The result of implementing step shows that students have average of critical thinking skill score 27,20 from 100,00 with the higest score 71,05 and the lowest score 2,63. This result shows that students’ critical thinking skills are still lacks.Keywords: critical thinking skills test, critical thinking skills

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

HEPI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian pendidikan dosen, dan penelitian disertasi mahasiswa S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil-hasil penelitian yang disampaikan pada jurnal ini tidak terbatas pada bidang evaluasi pendidikan ...