Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2011

INTEGRASI ARSITEKTUR DAN MANAJEMEN LAYANAN TI UNTUK PENCAPAIAN FLEKSIBILITAS TEKNOLOGI INFORMASI PADA ORGANISASI

Aradea Aradea (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2012

Abstract

Peran teknologi Informasi (TI) dalam organisasi saat ini telah mengalami pergeseran paradigma, pada awalnyaTI hanya berfokus pada otomatisasi data, pengolahan data atau manipulasi data, saat ini sudah bergeser padafungsi strategi dan layanan. Kesesuaian dan performa layanan TI dapat menjadi faktor penentu dalampencapaian tujuan dan sasaran organisasi, apabila diposisikan dan difungsikan secara tepat dan selarasdengan visi bisnis organisasi. Hal ini tentu dilakukan dengan sudut pandang yang menyeluruh terhadaporganisasi, fungsi dan keterhubungan komponen-komponen dalam organisasi baik internal maupun eksternal,serta faktor-faktor perubahan yang akan mempengaruhi organisasi. Dalam tulisan ini akan dikaji fungsi darikerangka kerja arsitektur dan manajemen layanan TI sebagai suatu kerangka kerja yang terintegrasi. Dari hasilstudi terhadap beberapa kerangka kerja yang ada, ditetapkan Servive Oriented Architecture (SOA) danInformation Technology Infrastructure Library (ITIL) sebagai suatu kerangka kerja yang memiliki pola yangsaling melengkapi dalam hal penyediaan layanan TI. ITIL sebagai kerangka kerja manajemen layanan TI dapatmembantu organisasi mengelola TI dari perspektif bisnis, dengan melakukan identifikasi dan pemetaan prosesbisnis yang mendasari infrastruktur dan layanan. SOA berfungsi sebagai kerangka kerja arsitektur layanan TIyang menghubungkan seluruh komponen infrastruktur. Konvergensi ITIL dan SOA dapat menciptakan suatuintegrasi yang sinergis untuk pencapaian fleksibilitas TI di organisasi.

Copyrights © 2011