Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 8, No 1 (2020): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Hands on Activity Untuk Melatihkan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Fluida Statis

Masitah, Masitah (Unknown)
Miriam, Sarah (Unknown)
Misbah, Misbah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2020

Abstract

Pembelajaran fisika di dalam kelas masih bersifat konvensional dengan metode ceramah dimana siswa cenderung hanya mencatat apa yang diajarkan oleh guru sehingga menyebabkan kurangnya aktivitas dan pengalaman belajar peserta didik secara langsung. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis hands on activity yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan aktivitas peserta didik yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Gambut yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan dengan teknik observasi dan tes. Data selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD berkategori sangat valid dengan validitas memperoleh rerata skor 3,69; 2) kepraktisan LKPD berkategori sangat praktis dengan rerata keterlaksanaan LKPD pertemuan 1 sebesar 3,25; pertemuan 2 sebesar 3,39: pertemuan 3 sebesar 3,57; dan pertemuan 4 sebesar 3,75; (3) efektivitas LKPD memenuhi kriteria efektif dengan N-gain 0,71 berkategori tinggi ; dan 4) LKPD berbasis hands on activity dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada setiap pertemuan. Disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis hands on activity untuk melatihkan aktivitas peserta didik layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...