KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol 2, No 6 (2013)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif MURDER (Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII (Studi Kasus: SMP Negeri 2 Singaraja Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)

Fadillah, Nurul (Unknown)
Wahyuni, Dessy Seri (Unknown)
Darmawiguna, I Gede Mahendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif MURDER (Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja dengan mengambil pokok bahasan Program Aplikasi, (2) motivasi siswa, dan (3) respon siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif MURDER. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII (non unggulan) SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2012/2013. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-9 sebagai kelompok eksperimen dan VII-6 sebagai kelompok kontrol dengan total jumlah siswa sebanyak 83 orang. Terdapat dua jenis variabel dalam penelitian ini yaitu (1) variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif MURDER, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan terlebih dahulu melakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Data motivasi dan respon siswa menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif MURDER. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran kooperatif MURDER lebih tinggi dari kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, terdapat peningkatan motivasi siswa pada setiap pertemuan dan siswa merespon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif MURDER.

Copyrights © 2013