KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol 2, No 4 (2013)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII (Studi Kasus : SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013)

Fadillah, Ayu Nurul (Unknown)
Darmawiguna, I Gede Mahendra (Unknown)
Wahyuni, Dessy Seri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2013

Abstract

Berdasarkan  hasil  observasi  yang  dilakukan  peneliti  di  SMP Negeri 6 Singaraja  diketahui bahwa  selama  pembelajaran  berlangsung  siswa  cenderung  diam  (pasif),  hal  ini  disebabkan  guru mendominasi  pembelajaran.  Siswa  kurang bersikap aktif dalam proses belajar mengajar sehingga materi yang disampaikan kurang dipahami oleh  siswa.  Tingkat  pemahaman  siswa  yang  tidak  merata  juga  mendorong  peneliti  untuk menerapkan  model  pembelajaran  active learning  agar  siswa  dapat  saling  membagi  informasi  dengan teman sebaya. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran active learning tipe index  card  match  (mencari  pasangan  kartu)  terhadap  hasil    belajar  siswa  pada  materi    perangkat lunak (Software) di  kelas  VII  di  SMP  Negeri  6  Singaraja.  Tujuan penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  penerapan  model pembelajaran active learning tipe index card match terhadap hasil  belajar siswa pada materi  Perangkat Lunak (Software) dan mengetahui respon. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen (VII B3) dan satu kelas kontrol (VII B2). Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa    penerapan model pembelajaran active learning tipe index card match pada  materi  Perangkat Lunak (Software)   berpengaruh  positif  terhadap  hasil  belajar  siswa  di  kelas  VII  SMP  Negeri  6  Singaraja  dan  siswa mempunyai  respon  yang  positif  terhadap  penerapan  model pembelajaran active learning tipe index card match.

Copyrights © 2013