Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 6 Singaraja diketahui bahwa selama pembelajaran berlangsung siswa cenderung diam (pasif), hal ini disebabkan guru mendominasi pembelajaran. Siswa kurang bersikap aktif dalam proses belajar mengajar sehingga materi yang disampaikan kurang dipahami oleh siswa. Tingkat pemahaman siswa yang tidak merata juga mendorong peneliti untuk menerapkan model pembelajaran active learning agar siswa dapat saling membagi informasi dengan teman sebaya. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran active learning tipe index card match (mencari pasangan kartu) terhadap hasil   belajar siswa pada materi   perangkat lunak (Software) di kelas VII di SMP Negeri 6 Singaraja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran active learning tipe index card match terhadap hasil belajar siswa pada materi Perangkat Lunak (Software) dan mengetahui respon. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen (VII B3) dan satu kelas kontrol (VII B2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa   penerapan model pembelajaran active learning tipe index card match pada materi Perangkat Lunak (Software)  berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja dan siswa mempunyai respon yang positif terhadap penerapan model pembelajaran active learning tipe index card match.
Copyrights © 2013