Media Komunikasi FPIPS
Vol 18, No 2 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUALTERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS

Ekayanti, Ni Luh Putu (Unknown)
Darsana, I Wayan (Unknown)
Sujana, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan modelpembelajaran mind mapping berbantuan media audio-visual terhadapkompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemaltahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimensemu dengan desain penelitian yang digunakan rancangan kelompok nonekuivalen.Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas IV SD Gugus VIIIKecamatan Abiansemal tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 260 siswa.Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulandata dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yangdigunakan untuk mengumpulkan kompetensi pengetahuan IPS denganmenggunakan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa dengan empatpilihan. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasilpenelitian yaitu nilai rata-rata gain skor kelompok eksperimen (0,53) dan nilai rata-rata gain skorkelompok kontrol (0,45) , maka nilai rata-rata gain skor kelompok eksperimen lebih tinggi dari padanilai rata-rata gain skor kelompok kontrol (0,53>0,45) . Berdasarkan hasil uji-t dengan derajatkebebasan (dk=34+33-2) dan pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel (3,333>2,000) maka H0ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPSsiswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio-visualdengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional kelas IV SD Gugus VIII KecamatanAbiansemal tahun ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhyang signifikan model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio-visual terhadapkompetensi pengetahuan IPS pada kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal tahun ajaran2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...