Sosiohumaniora
Vol 10, No 2 (2008): SOSIOHUMANIORA, JULI 2008

ANALISIS KEBERLANJUTAN PASAR TRADISIONAL DALAM IKLIM PERSAINGAN USAHA YANG DINAMIS DI KOTA BANDUNG

Rina Indiastuti (Unknown)
Fitri Hastuti (Unknown)
Yudi Azis (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2008

Abstract

Lingkungan persaingan yang dinamis antara pasar tradisional dan modern mengakibatkan posisi pasar tradisional mengalami pergeseran dengan dugaan terjadinya penurunan daya tarik pasar tradisional seiring dengan perubahan dinamis pasar modern yang disesuaikan dengan kondisi pembeli. Revitalisasi beberapa pasar tradisional yang telah dilakukan di Kota Bandungmelalui renovasi bangunan ternyata belum cukup untuk meningkatkan daya tarik. Studi ini bermaksud mengkaji peluang keberlanjutan pasar tradisional dengan meneliti faktor signifikan yang menjadi keunggulan pasar tradisional agar dapat tumbuh berkelanjutan. Metode penelitian menggabungkan penelitian deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif menggunakan skoring yang diperoleh dari aplikasi the law of comparative judgment (LCJ). Karakteristik responden mewakili lokasi, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan dan ukuran keluarga. Informasi dari pedagang yang mewakili pasar tradisional, pasar modern dan pedagang informal juga dikumpulkan sebagai data melengkapi data pembeli. Perilaku pembelian dan penjualan barang terbatas untuk bahan pangan, makanan/minuman jadi, dan toileteries. Penelitian verifikatif menggunakan metode analisis correspondence analysis (CA) dan analisis diskriminan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pasar tradisional masih memiliki peluang berkembang berdampingan dengan pasar modern (co-exist), karena harga jual masih bersaing relatif dibandingkan harga pasar modern dan masih dimilikinya segmen pembeli yang mempertimbangan ketersediaan anggaran belanja untuk memperoleh kepuasan maksimum. Kelompok pembeli tersebut merupakan segmen cukup besar meliputi pembeli berpendapatan rendah, pedagang keliling, usaha olahan makanan, dan warung. Peranan pemerintah daerah sebagai pemilik, baru memposisikan pasar tradisional sebagai potensi sumber pendapatan asli daerah (PAD), namun belum menyertainya dengan pengelolaan pasar yang profesional, sehingga daya saing pasar tradisional dipersepsikan menurun menghadapi ancaman meningkatnya daya tarik pasar modern. Kata kunci: keberlanjutan usaha, pasar tradisional, pasar modern, persaingan, perilaku konsumen

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

sosiohumaniora

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Sosiohumaniora adalah jurnal berskala nasional yang mencakup kajian ilmu sosial dan humaniora. Jurnal ini menaruh perhatian pada persoalan gender, pemberdayaan masyarakat, lembaga dan administrasi publik, sistem pemerintahan lokal dan kesehatan masyarakat. Jurnal Sosiohumaniora akan ...